Bintang Bayern Munich Menyesal Tolak Vaksinasi COVID-19

By ommed


nusakini.com - Pemain serbabisa Bayern Munich, Joshua Kimmich mengakui dirinya menyesal telah menolak divaksinasi COVID-19 setelah mengalami masalah paru-paru.

Kimmich dinyatakan positif terpapar virus corona bulan lalu dan tidak bisa bermain lagi hingga pergantian tahun.

Gelandang internasional Jerman berusia 26 tahun tersebut juga sekarang masih belum bisa kembali berlatih secara penuh.


Mengenai alasannya menolak suntikan vaksi, Kimmich mengatakan kepada ZDF: "Sulit untuk mengatasi ketakutan dan kekhawatiran saya, itu sebabnya saya ragu-ragu begitu lama."

Namun Kimmich mengatakan dirinya sekarang dalam kondisi yang baik-baik saja, meski belum diizinkan untuk berlatih keras karena masalah yang dialami paru-parunya belum sepenuhnya tuntas.

Setelah Kimmich memberi tahu ZDF bahwa ia sekarang mau divaksinasi, menteri pendidikan dan penelitian Jerman, Bettina Stark-Watzinger mengapresiasi keputusan sang pemain.

"Sebagai pesepakbola profesional dan pemain nasional, ia adalah panutan bagi banyak orang. Lebih banyak vaksinasi adalah jalan keluar dari pandemi," ucap sang menteri.

Kimmich awalnya harus menjalani isolasi pada November kemarin setelah melakukan kontak dengan orang yang positif COVID-19.


Ia melewatkan kekalahan Bayern 2-1 dari Augsburg, selepas dinyatakan positif, dan juga absen dalam beberapa laga Bundesliga versus Arminia Bielefeld dan Borussia Dortmund, ditambah pertandingan Liga Champions melawan Dynamo Kyiv dan Barcelona.

Kimmich juga masih belum bisa kembali saat Bayern menghadapi Mainz, Stuttgart dan Wolfsburg sebelum jeda musim dingin Bundesliga.

"Saya harus bersabar sedikit lebih lama. Saya akan menonton tiga pertandingan tersisa tahun ini dari sofa dan kami akan menyerang bersama lagi mulai Januari," katanya dalam postingan Instagram pekan lalu. (gi/om)